Saturday, November 6, 2010

Pancasila

Assalamualaikum Wr. Wb
Yth Bapak – bapak dan Ibu - ibu 



   Puji syukur kehadirat  Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berjumpa dalam keadaan sehat walafiat dalam acara pada hari ini . para bapak dan ibu yang saya hormati ,pada acara  hari ini saya akan  menyampaikan peran ideologi pancasila dalam era globalisasi.
 
  Kita sebagai warga Indonesia harus menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam mencegah dan menyampaikan disintregritas sosial ditengah era globalisasi yg segala sesuatunya bebas.
  
   Hadirin yg berbahagia,
  diera yang bebas ini dengan mudah budaya asing masuk ke Indonesia dan ditiru oleh remaja Indonesia ,banyak budaya asing menyebar secara cepat tidak dapat dibendung lagi. Dengan banyaknya budaya asing masuk ke Indonesia budaya sendiri mulai dilupakan . Tarian ,nyanyian upacara – upacara mulai dilupakan oleh masyarakat

   Hadirin yang berbahagia ,
Pancasila lahir pada sidang PPKI yg dicetuskan oleh Ir. Soekarno . Pada saat itu Ir. Soekarno mengajukan  lima dasar Negara Indonesia yaitu :

1. Ketuhaan YME.
2. Kemanusiaan .
3. Persatuan.
4. Permusyawaratan.
5. Keadilan sosial.

   Itu adalah Pancasila dasar Negara kita.
   Perlu kita ketahui pula , Bahwa Pancasila telah memberantas gerakan komunisme di Indonesia . pancasila sila pertama berbunyi “ketuhanan yang maha esa” itu berarti komunisme tdak boleh berada di Indonesia

   Demikian yang dapat saya sampaikan, saya harap bangsa kita dapat menjadi bangsa yang kuat, agar bisa menghadapi arus globalisasi .Kita jadikan Pancasila sebagai pedoman  agar senantiasa menguatkan Negara kita.

     

No comments:

Post a Comment